all about dhon don

Kamis, 11 Desember 2014

#Pinternet Uraian Detail Fitur Internet

A. WWW
World Wide Web (WWW) adalah sebuah bagian dari internet yang sangat dikenal dalam dunia internet, dengan adanya WWW seorang pengguna dapat menampilkan sebuah halaman Virtual yang disebut dengan website yaitu dapat diartikan sebagai suatu ruang informasi media pada teknologi internet yang bekerja untuk menampilkan informasi dalam bentuk text, gambar, suara, bahkan video pada sebuah aplikasi yang bernama browser yang dipakai oleh pengenal global yang disebut Pengidentifikasi Sumber Seragam untuk mengenal pasti sumber daya berguna.
WWW sering dianggap sama dengan Internet secara keseluruhan, walaupun sebenarnya ia hanyalah bagian dari pada Internet. Dengan kata lain www juga bisa diartikan sebagai nama yang diberikan untuk semua bagian Internet yang dapat diakses dengan software web browser. Dengan adanya WWW, kita bisa menerima berbagai macam informasi dalam berbagai format. WWW sering disebut juga sebagai protokol pada sebuah URL (Uniform Resource Locator). Fungsi WWW sendiri sebenarnya adalah menyediakan data serta informasi yang dibutuhkan untuk dapat dipergunakan bersama.
WWW pertama kali dikembangkan di Pusat Penelitian Fisika Partikel Eropa (CERN), Jenewa, Swiss. Sekitar tahun 1989 Berners-lee membuat proposal untuk proyek pembuatan hypertext secara global, kemudian pada bulan Oktober 1990, ‘World Wide Web‘ sudah bisa dijalankan dalam lingkungan CERN. Pada musim panas tahun 1991 dan WWW resmi digunakan secara luas pada jaringan Internet.

B. EMAIL
Email merupakan singkatan dari Electronic Mail yang artinya surat elektronik. Secara harfiah, email dapat didefenisikan sebagai metode pengiriman, penerimaan, dan penyimpanan pesan melalui sistem komunikasi elektronik berupa internet. Email ditulis, dikirim, diterima, sampai dengan dibaca dilakukan secara elektronis. Email adalah surat elektronik yang dikirim dengan menggunakan internet, seperti layaknya surat biasa email dapat ditujukan ke perorangan dan kelompok. Email bisa menjangkau seluruh dunia dengan karena didukung jaringan global. Dengan email maka surat menyurat dapat dilakukan dengan cepat tanpa harus menunggu tukang pos datang mengirimkan surat. Pengirim email ke seluruh dunia tidak dibedakan biayanya baik jarak dekat atau jauh semuanya sama.
Agar email bisa bekerja dibutuhkan SMTP (Simple Mail Transfer Protocol) yang berfungsi untuk mengirimkan email melalui internet. Secara sederhana cara kerja email dapat dijelaskan sebagai berikut:
  • Email dibuat atau ditulis menggunakan MUA (Mail User Agent) atau yang dikenal dengan email client.
  • Proses pengiriman email tersebut ditangani oleh MTA (Mail Transfer Agent)atau disebut pula dengan mail server.
Email juga membutuhkan alamat agar pesan bisa sampai ke tujuan. Contoh alamat email misalnya zakapedia@gmail.com. Alamat email tersebut terdiri dari dua komponen yakni identitas dan domain atau provider. Komponen identitas direpresentasikan oleh zakapedia, sedangkan komponen domain atau provider direpresentasikan oleh gmail.com.

Cara Kerja Email :
  • Pengguna menulis email dan kemudian menginstruksikan aplikasi email untuk mengirimkannya pada alamat penerima.
  • Aplikasi email mengirim email pada komputer mirip seperti seperti kantor pos dan melayani proses penerimaan dan pengiriman email. Komputer demikian disebut email server.
  • Email server mengidentifikasikan alamat tujuan dan mengirimkannya ke email server yang lain yang lebih dekat ke alamat tujuan. Ada kalanya, sebuah email dikirimkan melalui beberapa email server, tergantung pada rute yang dilaluinya.
  • Setelah email sampai pada alamat penerima kemudia disimpan di email server hingga membuka kotak posnya.
  • Saat penerima membuka kotak posnya, aplikasi email penerima akan meminta email baru yang terdapat di email server dan mengunduhnya ke dalam komputer pengguna.
  • Penerima dapat segera membaca email baru yang telah di unduh.
Jenis-jenis Email antara lain :  

POP mail (Post Office Protocol)      

Pengertian POP mail adalah email yang diterima melalui Internet Service Provider yang menjadi langganan kita (bagi Anda yang connect internet dari rumah atau kantor).
Webmail
Pengertian Web Mail (Web based e-mail) adalah layanan email yang basis aksesnya adalah dalam bentuk halaman web. Jika ingin mengakses, memeriksa atau mengirim email, maka harus masuk ke situs web penyedia layanan email dimaksud. Tidak ada jalan lain untuk mengakses email kecuali dengan cara tersebut.
Email forwarding
Pengertian Email forwarding adalah layanan e-mail yang meneruskan e-mail yang di terimanya ke alamat e-mail yang lain. E-mail jenis ini bermanfaat bagi orang yang suka ganti-ganti alamat e-mail.

C. SEARCH ENGINE
Search engine adalah sistem database yang dirancang untuk mengindex alamat-alamat website di internet . Untuk melaksanakan tugasnya, search engine atau mesin pencari memiliki program khusus yang biasanya disebut spider crawler. Pada saat mendaftarkan sebuah alamat website (URL), spider dari search engine tersebut akan menerima dan menganalisa URL tersebut lalu mengcrawlnya.
Dengan proses dan prosedur yang serba otomatis, spider ini akan memutuskan apakah web yang didaftarkan layak diterima atau tidak pada search engine tersebut. Jika layak, spider akan langsung menambahkan alamat URL tersebut ke sistem database mereka. Rangking-pun segera ditetapkan dengan algoritma dan caranya masing-masing. Jika tidak layak, terpaksa harus bersabar dan mengulangi pendaftaran diwaktu yang lain. Jadi search engine pasti memiliki program yang disebut Spider crawler. Dan program inilah yang sebenarnya menentukan posisi website di search engine tersebut. Contoh beberapa search engine terkenal adalah : Altavista, Google, Excite, Northern Light, Hotbot, dll. Dan manfaat dari search engine berfungsi layaknya index buku yang biasanya berada di halaman belakang. Ia menunjukkan lokasi kata atau istilah diantara jutaan kata lainnya dalam buku tersebut.

D. BROWSER
Pengertian Browser adalah suatu aplikasi atau program yang dijalankan pada perangkat komputer untuk melihat konten yang ada pada media World Wide Web (WWW) dengan memanfaatkan jaringan internet. Teknologi browser yang berkembang saat ini tidak hanya dapat menampilkan halaman yang berisi text atau tulisan saja, browser-browser populer dapat menampilkan gambar, musik, suara, video, file pdf dan data lainnya. Manfaat browser adalah untuk menampilkan berbagai dokumen yang tersedia pada web server, proses menampilkan berbagai dokumen ini melewati sebuah interaksi antara browser dengan web server.
Berikut beberapa pengertian browser menurut beberapa ahli:
1. Ali Zaki mengartikan browser sebagai sebuah program yang digunakan untuk mengakses website dan dijalankan pada komputer.
  1. Smitdev Community mengartikan browser sebagai klien yang merupakan lawan kata dari server dan bertugas untuk menampilkan halaman website.
  2. Gustav Pahala Frans mengartikan browser sebagai aplikasi/program yang digunakan untuk mengoprasikan internet, sebagai media surfing, browsing, dan menjelajahi dunia maya.
  3. Rachmad Hakim S mengartikan browser sebagai aplikasi untuk menjelajahi dan berselancar di internet.
Salah satu contoh dari browser adalah Internet Explores. Windows Internet Explorer (dulu dikenal sebagai Microsoft Internet Explorer, disingkat IE atau MSIE) adalah sebuah peramban web dan perangkat lunak tak bebas yang gratis dari Microsoft, dan disertakan dalam setiap rilis sistem operasi Microsoft Windows sejak 1995. Pada mulanya, Internet Explorer dirilis sebagai bagian dari paket Plus! for Windows 95 (Inggris) pada saat itu. Internet Explorer digunakan secara luas sejak tahun 1999, meliputi 95% dari keseluruhan penggunaan peramban web selama tahun 2002 hingga tahun 2003 dengan Internet Explorer 5 dan Internet Explorer 6. Lama kelamaan, ia kehilangan pangsa pasar sejak terlibat dengan kompetisi peramban web, dan kini meliputi 55,92%. Microsoft telah menghabiskan dana hingga 100 juta dolar per tahun untuk mengembangkan Internet Explorer pada tahun 1990an, dengan 1.000 orang yang bekerja di dalamnya. Sejak rilis pertamanya, Microsoft telah menambahkan fitur dan teknologi seperti penampilan tabel dasar (di versi 1.5), XMLHttpRequest (Inggris) (di versi 5) yang membantu pembuatan halaman web, dan Nama Domain yang Terinternasionalisasi (di versi 7) yang memungkinkan situs web yang menggunakan alamat berkarakter non-Latin (seperti karakter Kanji) diketikkan secara normal pada address bar Internet Explorer.
Rilis stabil Internet Explorer paling baru adalah Internet Explorer 9, yang tersedia sebagai pembaharuan gratis bagi Windows 7, Windows Vista, dan Windows Server 2008

E. CHATTING
Chatting adalah sebuah sarana untuk berkomunikasi dua orang atau lebih melalui bantuan software tertentu dengan memanfaatkan internet sebagai koneksinya. Chatting dikategorikan menjadi 3 macam, yaitu secara Face to face(webcam), Voice Chat (Suara) dan manual (menggunakan kata kata). Chatting dilakukan seperti pembicaraan sehari-hari, seperti berbicara dengan teman sebaya yang tidak sama seperti berbicara dengan orang yang lebih tua, dan juga dengan orang yang wajib kita hormati.
Chatting dengan menggunakan Webcam dan Voice lebih mudah dipahami karena mimik dan gerak tubuh dapat terlihat dengan jelas. Berbeda dengan chatting dalam model kata-kata, chatting dengan model ini sebaiknya menggunakan tatacara tertentu atau etika dengan tujuan agar maksud yang akan disampaikan bisa diterima dengan baik oleh lawan bicara.
mIRC (Microsoft Internet Relay Chat) sebuah aplikasi pertama yang dibuat khusus untuk melakukan Chatting. Dibanding dengan messanger, aplikasi ini masih sangat sederhana, namun etika dalam chating mulai terkonsep, disamping memiliki beberapa fasilitas yang  cukup lengkap seperti :
  1. emotions (yang menggambarkan perasaan seseorang) mulai dari senang (:)), sedih(:() dll
  2. kata-kata singkatan seperti GTG = getting to go, AFK = Away From Keyboard (tidak ada di tempat), BTW=By the Way dll yang seolah olah menjadi standart dalam berChatting.
Agar dapat dikatakan memenuhi etika dalam Chatting, harus mengetahui hal hal diatas, penggunaan Huruf besar (CAPSLOCK) juga berpengaruh dalam melakukan obrolan karena jika dalam penulisan seluruh kata dalam chating dicopslock (semua huruf menjadi huruf besar) maka dapat diartikan bahwa yang bersangkutan dalam keadaan marah.

F. NETIQUETTE
Etika komunikasi di internet (netiquette, netiket –kependekan dari “network etiquette” atau “Internet etiquette”) dapat dimaknai sebagai “sopan santun dalam berkomunikasi di internet, seperti dalam chating, kirim pesan, menulis blog atau website, dan memberikan komentar di media sosial dan media online (situs berita)”. Etika komunikasi di internet hampir serupa dengan etika berkomunikasi di dunia nyata  dalam kehidupan sehari-hari, seperti jujur, menggunakan kata-kata yang baik, sopan, ramah, serta berbicara jelas dan mudah dimengerti.
Netiket berkaitan erat dengan dua istilah, yaitu etiket dan etika. Etiket didefinisikan sebagai “aturan konvensional perilaku pribadi dalam masyarakat yang menyangkut kesopanan”. Sedangkan Etika ialah: “berkaitan dengan moral yang baik dan terhormat”. Kelly (1996) mengatakan bahwa penulis beberapa artikel netiket lebih suka menggunakan kata “nethics” untuk mengistilahkan “pelanggaran berat di dunia maya daripada netiket,” dan netiket untuk pelanggaran ringan. Namun, sebagian besar peneliti tidak membuat perbedaan antara nethics dan netiket ketika mengacu pada kedua masalah moral dan standar kesopanan (Scheuermann,  1997).
Beberapa pedoman dasar dalam Etika yang disebut oleh Rinaldy (1996) sebagai “The Ten Commandment of Computer Ethics, yaitu:
  1. Tidak menggunakan komputer untuk merugikan orang lain.
  2. Tidak mengganggu komputer orang lain.
  3. Tidak mengintai file orang lain.
  4. Tidak menggunakan komputer untuk mencuri.
  5. Tidak menggunakan komputer untuk mengucapkan saksi dusta.
  6. Tidak menggunakan atau menyalin perangkat lunak bajakan.
  7. Tidak menggunakan sumber daya komputer orang lain tanpa otorisasi.
  8. Tidak mencuri hasil karya orang lain.
  9. Berpikir tentang konsekuensi sosial dari program atau posting yang ditulis.
  10. Menggunakan komputer dengan cara bijak dan dengan rasa hormat pada pengguna lain.
Mengenai etiket, Brakeman (1995) menyajikan The Ten Commandment of Etiquette, yaitu:
  1. Jangan pernah lupa bahwa pengguna lain adalah juga manusia.
  2. Hendaknya menulis atau berkomentar secara singkat dan tepat.
  3. Hormati pesan atau komentar orang lain.
  4. Gunakan judul yang tidak menipu dalam posting/pesan.
  5. Pahami siapa audiens dari posting tersebut.
  6. Hindari humor yang bersifat sarkasme.
  7. Selalu tinjau kembali apa yang sudah dikatakan
  8. Bersosialisasi (kembali kepada masyarakat yang riil).
  9. Tidak terus mengulangi apa yang telah dikatakan.
10.Cantumkan referensi secara tepat.
Berikut ini adalah ringkasan dari pedoman netiket yang disarikan dari buku Virginia Shea dan dari beberapa jurnal penelitian:
  1. Pikirkan dulu sebelum posting (Think first before posting)
  2. Tulis judul posting dan komentar dalam huruf besar dan kecil.
  3. Hindari singkatan yang tidak dimengerti oleh orang lain.
  4. Menulis dan berkomentar secara singkat dan fokus.
  5. Hindari smiley atau emoticon yang tidak dimengerti oleh orang lain.
  6. Hindari flaming (komentar kasar)
  7. Hindari sikap mudah tersinggung
  8. Hindari sikap atau kata-kata yang menggurui
  9. Memaafkan kesalahan orang lain
  10. Kenali audiens
G. KOMUNITAS ONLINE
Menurut Ferguson et al 2004, komunitas online adalah sebuah tempat dimana sekelompok orang berkumpul untuk berbagi sebagaimana orang-orang yang tidak saling mengenal memiliki kesamaan ketertarikan minat, didalam sebuah situs internet yang menawarkan beberapa layanan online, meliputi beberapa akses kepada lingkungan sosial, layanan komunitas, informasi resmi, dan layanan e-commerce kepada penghuninya.
Di komunitas online akan mendapatkan banyak pengetahuan dan pelajaran, serta dapat memacu kreativitas dan produktivitas. Berkomunitas juga bisa menambah link atau jaringan yang sangat bermanfaat dalam banyak hal. Berkomunitas online sering menghadapi kendala. Kendala yang sering muncul disebabkan lebih kepada stabilnya jaringan internet atau sinyal sebagai media penghubung komunikasi. Terkadang hal ini menyebabkan tertinggalnya informasi yang akan didapatkan.
Selain manfaat yang diperoleh dalam berkomunitas online, juga terdapat dampak negatif, yaitu seperti kecanduan bermedia sosial bahkan sampai melupakan waktu, keluarga dan kehidupan nyata. Namun semua itu tergantung pada masing-masing individu. Berkomunitas secara efisien dan positif dalam bertindak akan menjadikan lebih nyaman dengan mengontrol diri dan berpegang pada prioritas hidup untuk mengantisipasi dampak negatif tersebut.

Referensi :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kamis, 11 Desember 2014

#Pinternet Uraian Detail Fitur Internet

A. WWW
World Wide Web (WWW) adalah sebuah bagian dari internet yang sangat dikenal dalam dunia internet, dengan adanya WWW seorang pengguna dapat menampilkan sebuah halaman Virtual yang disebut dengan website yaitu dapat diartikan sebagai suatu ruang informasi media pada teknologi internet yang bekerja untuk menampilkan informasi dalam bentuk text, gambar, suara, bahkan video pada sebuah aplikasi yang bernama browser yang dipakai oleh pengenal global yang disebut Pengidentifikasi Sumber Seragam untuk mengenal pasti sumber daya berguna.
WWW sering dianggap sama dengan Internet secara keseluruhan, walaupun sebenarnya ia hanyalah bagian dari pada Internet. Dengan kata lain www juga bisa diartikan sebagai nama yang diberikan untuk semua bagian Internet yang dapat diakses dengan software web browser. Dengan adanya WWW, kita bisa menerima berbagai macam informasi dalam berbagai format. WWW sering disebut juga sebagai protokol pada sebuah URL (Uniform Resource Locator). Fungsi WWW sendiri sebenarnya adalah menyediakan data serta informasi yang dibutuhkan untuk dapat dipergunakan bersama.
WWW pertama kali dikembangkan di Pusat Penelitian Fisika Partikel Eropa (CERN), Jenewa, Swiss. Sekitar tahun 1989 Berners-lee membuat proposal untuk proyek pembuatan hypertext secara global, kemudian pada bulan Oktober 1990, ‘World Wide Web‘ sudah bisa dijalankan dalam lingkungan CERN. Pada musim panas tahun 1991 dan WWW resmi digunakan secara luas pada jaringan Internet.

B. EMAIL
Email merupakan singkatan dari Electronic Mail yang artinya surat elektronik. Secara harfiah, email dapat didefenisikan sebagai metode pengiriman, penerimaan, dan penyimpanan pesan melalui sistem komunikasi elektronik berupa internet. Email ditulis, dikirim, diterima, sampai dengan dibaca dilakukan secara elektronis. Email adalah surat elektronik yang dikirim dengan menggunakan internet, seperti layaknya surat biasa email dapat ditujukan ke perorangan dan kelompok. Email bisa menjangkau seluruh dunia dengan karena didukung jaringan global. Dengan email maka surat menyurat dapat dilakukan dengan cepat tanpa harus menunggu tukang pos datang mengirimkan surat. Pengirim email ke seluruh dunia tidak dibedakan biayanya baik jarak dekat atau jauh semuanya sama.
Agar email bisa bekerja dibutuhkan SMTP (Simple Mail Transfer Protocol) yang berfungsi untuk mengirimkan email melalui internet. Secara sederhana cara kerja email dapat dijelaskan sebagai berikut:
  • Email dibuat atau ditulis menggunakan MUA (Mail User Agent) atau yang dikenal dengan email client.
  • Proses pengiriman email tersebut ditangani oleh MTA (Mail Transfer Agent)atau disebut pula dengan mail server.
Email juga membutuhkan alamat agar pesan bisa sampai ke tujuan. Contoh alamat email misalnya zakapedia@gmail.com. Alamat email tersebut terdiri dari dua komponen yakni identitas dan domain atau provider. Komponen identitas direpresentasikan oleh zakapedia, sedangkan komponen domain atau provider direpresentasikan oleh gmail.com.

Cara Kerja Email :
  • Pengguna menulis email dan kemudian menginstruksikan aplikasi email untuk mengirimkannya pada alamat penerima.
  • Aplikasi email mengirim email pada komputer mirip seperti seperti kantor pos dan melayani proses penerimaan dan pengiriman email. Komputer demikian disebut email server.
  • Email server mengidentifikasikan alamat tujuan dan mengirimkannya ke email server yang lain yang lebih dekat ke alamat tujuan. Ada kalanya, sebuah email dikirimkan melalui beberapa email server, tergantung pada rute yang dilaluinya.
  • Setelah email sampai pada alamat penerima kemudia disimpan di email server hingga membuka kotak posnya.
  • Saat penerima membuka kotak posnya, aplikasi email penerima akan meminta email baru yang terdapat di email server dan mengunduhnya ke dalam komputer pengguna.
  • Penerima dapat segera membaca email baru yang telah di unduh.
Jenis-jenis Email antara lain :  

POP mail (Post Office Protocol)      

Pengertian POP mail adalah email yang diterima melalui Internet Service Provider yang menjadi langganan kita (bagi Anda yang connect internet dari rumah atau kantor).
Webmail
Pengertian Web Mail (Web based e-mail) adalah layanan email yang basis aksesnya adalah dalam bentuk halaman web. Jika ingin mengakses, memeriksa atau mengirim email, maka harus masuk ke situs web penyedia layanan email dimaksud. Tidak ada jalan lain untuk mengakses email kecuali dengan cara tersebut.
Email forwarding
Pengertian Email forwarding adalah layanan e-mail yang meneruskan e-mail yang di terimanya ke alamat e-mail yang lain. E-mail jenis ini bermanfaat bagi orang yang suka ganti-ganti alamat e-mail.

C. SEARCH ENGINE
Search engine adalah sistem database yang dirancang untuk mengindex alamat-alamat website di internet . Untuk melaksanakan tugasnya, search engine atau mesin pencari memiliki program khusus yang biasanya disebut spider crawler. Pada saat mendaftarkan sebuah alamat website (URL), spider dari search engine tersebut akan menerima dan menganalisa URL tersebut lalu mengcrawlnya.
Dengan proses dan prosedur yang serba otomatis, spider ini akan memutuskan apakah web yang didaftarkan layak diterima atau tidak pada search engine tersebut. Jika layak, spider akan langsung menambahkan alamat URL tersebut ke sistem database mereka. Rangking-pun segera ditetapkan dengan algoritma dan caranya masing-masing. Jika tidak layak, terpaksa harus bersabar dan mengulangi pendaftaran diwaktu yang lain. Jadi search engine pasti memiliki program yang disebut Spider crawler. Dan program inilah yang sebenarnya menentukan posisi website di search engine tersebut. Contoh beberapa search engine terkenal adalah : Altavista, Google, Excite, Northern Light, Hotbot, dll. Dan manfaat dari search engine berfungsi layaknya index buku yang biasanya berada di halaman belakang. Ia menunjukkan lokasi kata atau istilah diantara jutaan kata lainnya dalam buku tersebut.

D. BROWSER
Pengertian Browser adalah suatu aplikasi atau program yang dijalankan pada perangkat komputer untuk melihat konten yang ada pada media World Wide Web (WWW) dengan memanfaatkan jaringan internet. Teknologi browser yang berkembang saat ini tidak hanya dapat menampilkan halaman yang berisi text atau tulisan saja, browser-browser populer dapat menampilkan gambar, musik, suara, video, file pdf dan data lainnya. Manfaat browser adalah untuk menampilkan berbagai dokumen yang tersedia pada web server, proses menampilkan berbagai dokumen ini melewati sebuah interaksi antara browser dengan web server.
Berikut beberapa pengertian browser menurut beberapa ahli:
1. Ali Zaki mengartikan browser sebagai sebuah program yang digunakan untuk mengakses website dan dijalankan pada komputer.
  1. Smitdev Community mengartikan browser sebagai klien yang merupakan lawan kata dari server dan bertugas untuk menampilkan halaman website.
  2. Gustav Pahala Frans mengartikan browser sebagai aplikasi/program yang digunakan untuk mengoprasikan internet, sebagai media surfing, browsing, dan menjelajahi dunia maya.
  3. Rachmad Hakim S mengartikan browser sebagai aplikasi untuk menjelajahi dan berselancar di internet.
Salah satu contoh dari browser adalah Internet Explores. Windows Internet Explorer (dulu dikenal sebagai Microsoft Internet Explorer, disingkat IE atau MSIE) adalah sebuah peramban web dan perangkat lunak tak bebas yang gratis dari Microsoft, dan disertakan dalam setiap rilis sistem operasi Microsoft Windows sejak 1995. Pada mulanya, Internet Explorer dirilis sebagai bagian dari paket Plus! for Windows 95 (Inggris) pada saat itu. Internet Explorer digunakan secara luas sejak tahun 1999, meliputi 95% dari keseluruhan penggunaan peramban web selama tahun 2002 hingga tahun 2003 dengan Internet Explorer 5 dan Internet Explorer 6. Lama kelamaan, ia kehilangan pangsa pasar sejak terlibat dengan kompetisi peramban web, dan kini meliputi 55,92%. Microsoft telah menghabiskan dana hingga 100 juta dolar per tahun untuk mengembangkan Internet Explorer pada tahun 1990an, dengan 1.000 orang yang bekerja di dalamnya. Sejak rilis pertamanya, Microsoft telah menambahkan fitur dan teknologi seperti penampilan tabel dasar (di versi 1.5), XMLHttpRequest (Inggris) (di versi 5) yang membantu pembuatan halaman web, dan Nama Domain yang Terinternasionalisasi (di versi 7) yang memungkinkan situs web yang menggunakan alamat berkarakter non-Latin (seperti karakter Kanji) diketikkan secara normal pada address bar Internet Explorer.
Rilis stabil Internet Explorer paling baru adalah Internet Explorer 9, yang tersedia sebagai pembaharuan gratis bagi Windows 7, Windows Vista, dan Windows Server 2008

E. CHATTING
Chatting adalah sebuah sarana untuk berkomunikasi dua orang atau lebih melalui bantuan software tertentu dengan memanfaatkan internet sebagai koneksinya. Chatting dikategorikan menjadi 3 macam, yaitu secara Face to face(webcam), Voice Chat (Suara) dan manual (menggunakan kata kata). Chatting dilakukan seperti pembicaraan sehari-hari, seperti berbicara dengan teman sebaya yang tidak sama seperti berbicara dengan orang yang lebih tua, dan juga dengan orang yang wajib kita hormati.
Chatting dengan menggunakan Webcam dan Voice lebih mudah dipahami karena mimik dan gerak tubuh dapat terlihat dengan jelas. Berbeda dengan chatting dalam model kata-kata, chatting dengan model ini sebaiknya menggunakan tatacara tertentu atau etika dengan tujuan agar maksud yang akan disampaikan bisa diterima dengan baik oleh lawan bicara.
mIRC (Microsoft Internet Relay Chat) sebuah aplikasi pertama yang dibuat khusus untuk melakukan Chatting. Dibanding dengan messanger, aplikasi ini masih sangat sederhana, namun etika dalam chating mulai terkonsep, disamping memiliki beberapa fasilitas yang  cukup lengkap seperti :
  1. emotions (yang menggambarkan perasaan seseorang) mulai dari senang (:)), sedih(:() dll
  2. kata-kata singkatan seperti GTG = getting to go, AFK = Away From Keyboard (tidak ada di tempat), BTW=By the Way dll yang seolah olah menjadi standart dalam berChatting.
Agar dapat dikatakan memenuhi etika dalam Chatting, harus mengetahui hal hal diatas, penggunaan Huruf besar (CAPSLOCK) juga berpengaruh dalam melakukan obrolan karena jika dalam penulisan seluruh kata dalam chating dicopslock (semua huruf menjadi huruf besar) maka dapat diartikan bahwa yang bersangkutan dalam keadaan marah.

F. NETIQUETTE
Etika komunikasi di internet (netiquette, netiket –kependekan dari “network etiquette” atau “Internet etiquette”) dapat dimaknai sebagai “sopan santun dalam berkomunikasi di internet, seperti dalam chating, kirim pesan, menulis blog atau website, dan memberikan komentar di media sosial dan media online (situs berita)”. Etika komunikasi di internet hampir serupa dengan etika berkomunikasi di dunia nyata  dalam kehidupan sehari-hari, seperti jujur, menggunakan kata-kata yang baik, sopan, ramah, serta berbicara jelas dan mudah dimengerti.
Netiket berkaitan erat dengan dua istilah, yaitu etiket dan etika. Etiket didefinisikan sebagai “aturan konvensional perilaku pribadi dalam masyarakat yang menyangkut kesopanan”. Sedangkan Etika ialah: “berkaitan dengan moral yang baik dan terhormat”. Kelly (1996) mengatakan bahwa penulis beberapa artikel netiket lebih suka menggunakan kata “nethics” untuk mengistilahkan “pelanggaran berat di dunia maya daripada netiket,” dan netiket untuk pelanggaran ringan. Namun, sebagian besar peneliti tidak membuat perbedaan antara nethics dan netiket ketika mengacu pada kedua masalah moral dan standar kesopanan (Scheuermann,  1997).
Beberapa pedoman dasar dalam Etika yang disebut oleh Rinaldy (1996) sebagai “The Ten Commandment of Computer Ethics, yaitu:
  1. Tidak menggunakan komputer untuk merugikan orang lain.
  2. Tidak mengganggu komputer orang lain.
  3. Tidak mengintai file orang lain.
  4. Tidak menggunakan komputer untuk mencuri.
  5. Tidak menggunakan komputer untuk mengucapkan saksi dusta.
  6. Tidak menggunakan atau menyalin perangkat lunak bajakan.
  7. Tidak menggunakan sumber daya komputer orang lain tanpa otorisasi.
  8. Tidak mencuri hasil karya orang lain.
  9. Berpikir tentang konsekuensi sosial dari program atau posting yang ditulis.
  10. Menggunakan komputer dengan cara bijak dan dengan rasa hormat pada pengguna lain.
Mengenai etiket, Brakeman (1995) menyajikan The Ten Commandment of Etiquette, yaitu:
  1. Jangan pernah lupa bahwa pengguna lain adalah juga manusia.
  2. Hendaknya menulis atau berkomentar secara singkat dan tepat.
  3. Hormati pesan atau komentar orang lain.
  4. Gunakan judul yang tidak menipu dalam posting/pesan.
  5. Pahami siapa audiens dari posting tersebut.
  6. Hindari humor yang bersifat sarkasme.
  7. Selalu tinjau kembali apa yang sudah dikatakan
  8. Bersosialisasi (kembali kepada masyarakat yang riil).
  9. Tidak terus mengulangi apa yang telah dikatakan.
10.Cantumkan referensi secara tepat.
Berikut ini adalah ringkasan dari pedoman netiket yang disarikan dari buku Virginia Shea dan dari beberapa jurnal penelitian:
  1. Pikirkan dulu sebelum posting (Think first before posting)
  2. Tulis judul posting dan komentar dalam huruf besar dan kecil.
  3. Hindari singkatan yang tidak dimengerti oleh orang lain.
  4. Menulis dan berkomentar secara singkat dan fokus.
  5. Hindari smiley atau emoticon yang tidak dimengerti oleh orang lain.
  6. Hindari flaming (komentar kasar)
  7. Hindari sikap mudah tersinggung
  8. Hindari sikap atau kata-kata yang menggurui
  9. Memaafkan kesalahan orang lain
  10. Kenali audiens
G. KOMUNITAS ONLINE
Menurut Ferguson et al 2004, komunitas online adalah sebuah tempat dimana sekelompok orang berkumpul untuk berbagi sebagaimana orang-orang yang tidak saling mengenal memiliki kesamaan ketertarikan minat, didalam sebuah situs internet yang menawarkan beberapa layanan online, meliputi beberapa akses kepada lingkungan sosial, layanan komunitas, informasi resmi, dan layanan e-commerce kepada penghuninya.
Di komunitas online akan mendapatkan banyak pengetahuan dan pelajaran, serta dapat memacu kreativitas dan produktivitas. Berkomunitas juga bisa menambah link atau jaringan yang sangat bermanfaat dalam banyak hal. Berkomunitas online sering menghadapi kendala. Kendala yang sering muncul disebabkan lebih kepada stabilnya jaringan internet atau sinyal sebagai media penghubung komunikasi. Terkadang hal ini menyebabkan tertinggalnya informasi yang akan didapatkan.
Selain manfaat yang diperoleh dalam berkomunitas online, juga terdapat dampak negatif, yaitu seperti kecanduan bermedia sosial bahkan sampai melupakan waktu, keluarga dan kehidupan nyata. Namun semua itu tergantung pada masing-masing individu. Berkomunitas secara efisien dan positif dalam bertindak akan menjadikan lebih nyaman dengan mengontrol diri dan berpegang pada prioritas hidup untuk mengantisipasi dampak negatif tersebut.

Referensi :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar