A. WWW
World Wide Web (WWW) adalah sebuah bagian dari internet yang sangat
dikenal dalam dunia internet, dengan adanya WWW seorang pengguna dapat
menampilkan sebuah halaman Virtual yang disebut dengan website yaitu dapat diartikan sebagai suatu ruang informasi media pada
teknologi internet yang bekerja untuk menampilkan informasi dalam bentuk text,
gambar, suara, bahkan video pada sebuah aplikasi yang bernama browser yang
dipakai oleh pengenal global yang disebut Pengidentifikasi Sumber Seragam untuk
mengenal pasti sumber daya berguna.
WWW
sering dianggap sama dengan Internet secara keseluruhan, walaupun sebenarnya ia
hanyalah bagian dari pada Internet. Dengan kata lain www juga bisa diartikan
sebagai nama yang diberikan untuk semua bagian Internet yang dapat diakses
dengan software web browser. Dengan adanya WWW, kita bisa menerima berbagai
macam informasi dalam berbagai format. WWW sering disebut juga sebagai protokol
pada sebuah URL (Uniform Resource Locator). Fungsi WWW sendiri sebenarnya
adalah menyediakan data serta informasi yang dibutuhkan untuk dapat
dipergunakan bersama.
WWW
pertama kali dikembangkan di Pusat Penelitian Fisika Partikel Eropa (CERN),
Jenewa, Swiss. Sekitar tahun 1989 Berners-lee membuat proposal untuk proyek
pembuatan hypertext secara global, kemudian pada bulan Oktober 1990, ‘World
Wide Web‘ sudah bisa dijalankan dalam lingkungan CERN. Pada musim panas tahun
1991 dan WWW resmi digunakan secara luas pada jaringan Internet.
Email merupakan
singkatan dari Electronic Mail yang
artinya surat elektronik. Secara harfiah, email dapat didefenisikan sebagai
metode pengiriman, penerimaan, dan penyimpanan pesan melalui sistem komunikasi
elektronik berupa internet. Email ditulis, dikirim, diterima, sampai dengan
dibaca dilakukan secara elektronis. Email adalah surat elektronik yang dikirim
dengan menggunakan internet, seperti layaknya surat biasa email dapat ditujukan
ke perorangan dan kelompok. Email bisa menjangkau seluruh dunia dengan karena
didukung jaringan global. Dengan email maka surat menyurat dapat dilakukan
dengan cepat tanpa harus menunggu tukang pos datang mengirimkan surat. Pengirim
email ke seluruh dunia tidak dibedakan biayanya baik jarak dekat atau jauh
semuanya sama.
Agar email bisa bekerja dibutuhkan SMTP (Simple Mail Transfer Protocol) yang berfungsi untuk mengirimkan email
melalui internet. Secara sederhana cara kerja email dapat dijelaskan sebagai
berikut:
- Email dibuat atau ditulis
menggunakan MUA (Mail User Agent) atau yang dikenal dengan email
client.
- Proses pengiriman email tersebut
ditangani oleh MTA (Mail Transfer Agent)atau disebut pula dengan
mail server.
Email
juga membutuhkan alamat agar pesan bisa sampai ke tujuan. Contoh alamat email
misalnya zakapedia@gmail.com. Alamat
email tersebut terdiri dari dua komponen yakni identitas dan domain atau
provider. Komponen identitas direpresentasikan oleh zakapedia, sedangkan
komponen domain atau provider direpresentasikan oleh gmail.com.
Cara Kerja Email :
- Pengguna menulis email dan kemudian
menginstruksikan aplikasi email untuk mengirimkannya pada alamat penerima.
- Aplikasi email mengirim email pada
komputer mirip seperti seperti kantor pos dan melayani proses penerimaan
dan pengiriman email. Komputer demikian disebut email server.
- Email server mengidentifikasikan
alamat tujuan dan mengirimkannya ke email server yang lain yang lebih
dekat ke alamat tujuan. Ada kalanya, sebuah email dikirimkan melalui
beberapa email server, tergantung pada rute yang dilaluinya.
- Setelah email sampai pada alamat
penerima kemudia disimpan di email server hingga membuka kotak posnya.
- Saat penerima membuka kotak posnya,
aplikasi email penerima akan meminta email baru yang terdapat di email
server dan mengunduhnya ke dalam komputer pengguna.
- Penerima dapat segera membaca email
baru yang telah di unduh.
Jenis-jenis
Email antara lain :
POP mail (Post Office Protocol)
Pengertian POP mail adalah email yang diterima melalui Internet Service Provider yang menjadi langganan kita (bagi Anda yang connect internet dari rumah atau kantor).
POP mail (Post Office Protocol)
Pengertian POP mail adalah email yang diterima melalui Internet Service Provider yang menjadi langganan kita (bagi Anda yang connect internet dari rumah atau kantor).
Webmail
Pengertian Web Mail (Web based e-mail) adalah layanan email yang basis aksesnya adalah dalam bentuk halaman web. Jika ingin mengakses, memeriksa atau mengirim email, maka harus masuk ke situs web penyedia layanan email dimaksud. Tidak ada jalan lain untuk mengakses email kecuali dengan cara tersebut.
Pengertian Web Mail (Web based e-mail) adalah layanan email yang basis aksesnya adalah dalam bentuk halaman web. Jika ingin mengakses, memeriksa atau mengirim email, maka harus masuk ke situs web penyedia layanan email dimaksud. Tidak ada jalan lain untuk mengakses email kecuali dengan cara tersebut.
Email forwarding
Pengertian Email forwarding adalah layanan e-mail yang meneruskan e-mail yang di terimanya ke alamat e-mail yang lain. E-mail jenis ini bermanfaat bagi orang yang suka ganti-ganti alamat e-mail.
Pengertian Email forwarding adalah layanan e-mail yang meneruskan e-mail yang di terimanya ke alamat e-mail yang lain. E-mail jenis ini bermanfaat bagi orang yang suka ganti-ganti alamat e-mail.
Search engine adalah
sistem database yang dirancang untuk mengindex alamat-alamat website di
internet . Untuk melaksanakan tugasnya, search engine atau mesin pencari
memiliki program khusus yang biasanya disebut spider crawler. Pada saat
mendaftarkan sebuah alamat website (URL), spider dari search engine tersebut
akan menerima dan menganalisa URL tersebut lalu mengcrawlnya.
Dengan
proses dan prosedur yang serba otomatis, spider ini akan memutuskan apakah web
yang didaftarkan layak diterima atau tidak pada search engine tersebut. Jika
layak, spider akan langsung menambahkan alamat URL tersebut ke sistem database
mereka. Rangking-pun segera ditetapkan dengan algoritma dan caranya
masing-masing. Jika tidak layak, terpaksa harus bersabar dan mengulangi
pendaftaran diwaktu yang lain. Jadi search engine pasti memiliki program yang
disebut Spider crawler. Dan program inilah yang sebenarnya menentukan posisi
website di search engine tersebut. Contoh beberapa search engine terkenal
adalah : Altavista, Google, Excite, Northern Light, Hotbot, dll. Dan manfaat
dari search engine berfungsi layaknya index buku yang biasanya berada di
halaman belakang. Ia menunjukkan lokasi kata atau istilah diantara jutaan kata
lainnya dalam buku tersebut.
D. BROWSER
Pengertian
Browser adalah suatu aplikasi atau program yang dijalankan pada perangkat
komputer untuk melihat konten yang ada pada media World Wide Web (WWW) dengan
memanfaatkan jaringan internet. Teknologi browser yang berkembang saat ini
tidak hanya dapat menampilkan halaman yang berisi text atau tulisan saja, browser-browser
populer dapat menampilkan gambar, musik, suara, video, file pdf dan data
lainnya. Manfaat browser adalah untuk menampilkan berbagai dokumen yang
tersedia pada web server, proses menampilkan berbagai dokumen ini melewati
sebuah interaksi antara browser dengan web server.
Berikut
beberapa pengertian browser menurut beberapa ahli:
1. Ali Zaki mengartikan browser sebagai sebuah program yang digunakan untuk mengakses website dan dijalankan pada komputer.
1. Ali Zaki mengartikan browser sebagai sebuah program yang digunakan untuk mengakses website dan dijalankan pada komputer.
- Smitdev Community mengartikan
browser sebagai klien yang merupakan lawan kata dari server dan bertugas
untuk menampilkan halaman website.
- Gustav Pahala Frans mengartikan
browser sebagai aplikasi/program yang digunakan untuk mengoprasikan
internet, sebagai media surfing, browsing, dan menjelajahi dunia maya.
- Rachmad Hakim S mengartikan browser
sebagai aplikasi untuk menjelajahi dan berselancar di internet.
Salah
satu contoh dari browser adalah Internet Explores. Windows Internet Explorer
(dulu dikenal sebagai Microsoft Internet Explorer, disingkat IE atau MSIE)
adalah sebuah peramban web dan perangkat lunak tak bebas yang gratis dari
Microsoft, dan disertakan dalam setiap rilis sistem operasi Microsoft Windows
sejak 1995. Pada mulanya, Internet Explorer dirilis sebagai bagian dari paket
Plus! for Windows 95 (Inggris) pada saat itu. Internet Explorer digunakan
secara luas sejak tahun 1999, meliputi 95% dari keseluruhan penggunaan peramban
web selama tahun 2002 hingga tahun 2003 dengan Internet Explorer 5 dan Internet
Explorer 6. Lama kelamaan, ia kehilangan pangsa pasar sejak terlibat dengan
kompetisi peramban web, dan kini meliputi 55,92%. Microsoft telah menghabiskan
dana hingga 100 juta dolar per tahun untuk mengembangkan Internet Explorer pada
tahun 1990an, dengan 1.000 orang yang bekerja di dalamnya. Sejak rilis
pertamanya, Microsoft telah menambahkan fitur dan teknologi seperti penampilan
tabel dasar (di versi 1.5), XMLHttpRequest (Inggris) (di versi 5) yang membantu
pembuatan halaman web, dan Nama Domain yang Terinternasionalisasi (di versi 7)
yang memungkinkan situs web yang menggunakan alamat berkarakter non-Latin
(seperti karakter Kanji) diketikkan secara normal pada address bar Internet
Explorer.
Rilis stabil Internet Explorer paling baru adalah Internet Explorer 9, yang tersedia sebagai pembaharuan gratis bagi Windows 7, Windows Vista, dan Windows Server 2008
Rilis stabil Internet Explorer paling baru adalah Internet Explorer 9, yang tersedia sebagai pembaharuan gratis bagi Windows 7, Windows Vista, dan Windows Server 2008
Chatting
adalah sebuah sarana untuk berkomunikasi dua orang atau lebih melalui bantuan
software tertentu dengan memanfaatkan internet sebagai koneksinya. Chatting
dikategorikan menjadi 3 macam, yaitu secara Face to face(webcam), Voice Chat (Suara) dan manual
(menggunakan kata kata). Chatting dilakukan seperti pembicaraan sehari-hari,
seperti berbicara dengan teman sebaya yang tidak sama seperti berbicara dengan
orang yang lebih tua, dan juga dengan orang yang wajib kita hormati.
Chatting
dengan menggunakan Webcam dan Voice lebih mudah dipahami karena mimik dan gerak
tubuh dapat terlihat dengan jelas. Berbeda dengan chatting dalam model
kata-kata, chatting dengan model ini sebaiknya menggunakan tatacara tertentu
atau etika dengan tujuan agar maksud yang akan disampaikan bisa diterima dengan
baik oleh lawan bicara.
mIRC (Microsoft
Internet Relay Chat) sebuah aplikasi pertama yang dibuat khusus untuk melakukan
Chatting. Dibanding dengan messanger, aplikasi ini masih sangat sederhana, namun
etika dalam chating mulai terkonsep, disamping memiliki beberapa fasilitas yang
cukup lengkap seperti :
- emotions (yang
menggambarkan perasaan seseorang) mulai dari senang (:)), sedih(:() dll
- kata-kata singkatan seperti
GTG = getting to go, AFK = Away From Keyboard (tidak ada di tempat),
BTW=By the Way dll yang seolah olah menjadi standart dalam berChatting.
Agar
dapat dikatakan memenuhi etika dalam Chatting, harus mengetahui hal hal diatas,
penggunaan Huruf besar (CAPSLOCK) juga berpengaruh dalam melakukan obrolan
karena jika dalam penulisan seluruh kata dalam chating dicopslock (semua huruf
menjadi huruf besar) maka dapat diartikan bahwa yang bersangkutan dalam keadaan
marah.
Etika komunikasi di internet (netiquette, netiket
–kependekan dari “network etiquette” atau “Internet etiquette”)
dapat dimaknai sebagai “sopan santun dalam berkomunikasi di internet, seperti
dalam chating, kirim pesan, menulis blog atau website, dan memberikan komentar
di media sosial dan media online (situs berita)”. Etika komunikasi di internet
hampir serupa dengan etika berkomunikasi di dunia nyata dalam kehidupan
sehari-hari, seperti jujur, menggunakan kata-kata yang baik, sopan, ramah,
serta berbicara jelas dan mudah dimengerti.
Netiket
berkaitan erat dengan dua istilah, yaitu etiket dan etika. Etiket didefinisikan
sebagai “aturan konvensional perilaku pribadi dalam masyarakat yang menyangkut
kesopanan”. Sedangkan Etika ialah: “berkaitan dengan moral yang baik dan
terhormat”. Kelly (1996) mengatakan bahwa penulis beberapa artikel netiket
lebih suka menggunakan kata “nethics” untuk mengistilahkan “pelanggaran berat
di dunia maya daripada netiket,” dan netiket untuk pelanggaran ringan. Namun,
sebagian besar peneliti tidak membuat perbedaan antara nethics dan netiket
ketika mengacu pada kedua masalah moral dan standar kesopanan (Scheuermann,
1997).
Beberapa
pedoman dasar dalam Etika yang disebut oleh Rinaldy (1996) sebagai “The Ten Commandment of Computer Ethics, yaitu:
- Tidak menggunakan komputer untuk
merugikan orang lain.
- Tidak mengganggu komputer orang
lain.
- Tidak mengintai file orang lain.
- Tidak menggunakan komputer untuk
mencuri.
- Tidak menggunakan komputer untuk
mengucapkan saksi dusta.
- Tidak menggunakan atau menyalin
perangkat lunak bajakan.
- Tidak menggunakan sumber daya
komputer orang lain tanpa otorisasi.
- Tidak mencuri hasil karya orang
lain.
- Berpikir tentang konsekuensi sosial
dari program atau posting yang ditulis.
- Menggunakan komputer dengan cara
bijak dan dengan rasa hormat pada pengguna lain.
Mengenai
etiket, Brakeman (1995) menyajikan The Ten Commandment of Etiquette, yaitu:
- Jangan pernah lupa bahwa pengguna
lain adalah juga manusia.
- Hendaknya menulis atau berkomentar
secara singkat dan tepat.
- Hormati pesan atau komentar orang
lain.
- Gunakan judul yang tidak menipu
dalam posting/pesan.
- Pahami siapa audiens dari posting
tersebut.
- Hindari humor yang bersifat
sarkasme.
- Selalu tinjau kembali apa yang
sudah dikatakan
- Bersosialisasi (kembali kepada
masyarakat yang riil).
- Tidak terus mengulangi apa yang
telah dikatakan.
10.Cantumkan
referensi secara tepat.
Berikut
ini adalah ringkasan dari pedoman netiket yang disarikan dari buku Virginia
Shea dan dari beberapa jurnal penelitian:
- Pikirkan dulu sebelum posting (Think first before posting)
- Tulis judul posting dan komentar
dalam huruf besar dan kecil.
- Hindari singkatan yang tidak
dimengerti oleh orang lain.
- Menulis dan berkomentar secara
singkat dan fokus.
- Hindari smiley atau emoticon yang
tidak dimengerti oleh orang lain.
- Hindari flaming (komentar kasar)
- Hindari sikap mudah tersinggung
- Hindari sikap atau kata-kata yang
menggurui
- Memaafkan kesalahan orang lain
- Kenali audiens
Menurut
Ferguson et al 2004, komunitas online adalah sebuah tempat dimana sekelompok
orang berkumpul untuk berbagi sebagaimana orang-orang yang tidak saling
mengenal memiliki kesamaan ketertarikan minat, didalam sebuah situs internet
yang menawarkan beberapa layanan online, meliputi beberapa akses kepada
lingkungan sosial, layanan komunitas, informasi resmi, dan layanan e-commerce
kepada penghuninya.
Di
komunitas online akan mendapatkan banyak pengetahuan dan pelajaran, serta dapat
memacu kreativitas dan produktivitas. Berkomunitas juga bisa menambah link atau
jaringan yang sangat bermanfaat dalam banyak hal. Berkomunitas online sering
menghadapi kendala. Kendala yang sering muncul disebabkan lebih kepada
stabilnya jaringan internet atau sinyal sebagai media penghubung komunikasi. Terkadang
hal ini menyebabkan tertinggalnya informasi yang akan didapatkan.
Selain
manfaat yang diperoleh dalam berkomunitas online, juga terdapat dampak negatif,
yaitu seperti kecanduan bermedia sosial bahkan sampai melupakan waktu, keluarga
dan kehidupan nyata. Namun semua itu tergantung pada masing-masing individu.
Berkomunitas secara efisien dan positif dalam bertindak akan menjadikan lebih
nyaman dengan mengontrol diri dan berpegang pada prioritas hidup untuk
mengantisipasi dampak negatif tersebut.
Referensi :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar